Tips dan Trik Membeli Laptop/Notebook Second

Membeli laptop bekas dapat menjadi pilihan yang tepat bagi mahasiswa ataupun orang-orang yang memiliki keinginan untuk mempunyai laptop untuk kebutuhan kuliah, pekerjaan, bahkan sampai dengan lifestyle. Apapun kebutuhan atau alasannya, berikut beberapa tips membeli laptop second yang berkualitas agar tidak menyesal di kemudian hari (Sumber: detikinet.com).

1. Perhatikan Seksama Fisik Laptop

* Casis

Kondisi dari casis laptop mengindikasikan apakah laptop bekas dirawat dengan baik. Perhatikan baik-baik seluruh casis laptop sehingga anda tak menyesal di kemudian hari karena tak cermat mengamati kerusakan yang terjadi.

* Layar Laptop

Layar LCD laptop adalah salah satu komponen yang paling mahal. Karena itu, pastikan layar laptop masih mampu bekerja dengan baik.

* Keyboard dan Touchpad

Pastikan keyboard dan touchpad masih berfungsi dengan baik. Hal ini dikarenakan mengganti keyboard dan touchpad pada laptop tidak semudah pada PC desktop.

2. Perhatikan Seksama Komponen Dalam Laptop

* Prossesor

Untuk saat ini sebaiknya anda membeli laptop bekas berprossor minimal Pentium III. Prossesor ini masih mampu menjalankan Windows XP dengan cukup baik.

* Memori

Memori RAM biasanya berharga murah saat ini. Teliti kapasitas RAM, dan lihatlah apakah bisa di-upgrade dengan mudah. Disarankan agar laptop memiliki kapasitas RAM minimal 512 Mb.

* Kapasitas Harddisk

Laptop lama mungkin hanya punya kapasitas harddisk maksimal 40 Gb, bahkan ada yang 10 Gb. Tentukan kapasitas harddisk yang anda perlukan untuk penyimpanan data.

* Baterai

Baterai laptop bekas biasanya lemah. Pertimbangkan apakah anda memerlukan baterai baru. Jika laptop hanya dipakai di rumah, berarti anda tidak perlu membeli baterai baru karena dapat mengandalkan daya listrik.

3. Tanyai Diri Anda

Tanyakan kepada diri anda apakah sudah mantap untuk membeli laptop bekas. Apakah laptop bekas tersebut dapat bertahan cukup lama atau apakah sebaiknya menunggu untuk membeli laptop yang baru?? Ingat, harga laptop baru semakin menurun seiring dengan perkembangan teknologi. Namun jika memang sudah mantap untuk membeli laptop bekas dengan segala resiko yang ada tanpa memperhitungkan untung rugi, do it bro!!!

0 komentar:

Posting Komentar